RSS Feed

AWAN

Posted on

Septian Vienastra, S.Si.
Asisten Jurusan Geografi Lingkungan,
Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada.
vienastra@ugm.ac.id
@Vienastra

Mungkin di antara kita tidak pernah terpikirkan mengenai benda di alam yang satu ini dan mungkin belum banyak yang bertanya-tanya tentang benda tersebut, misalnya apa itu yang dinamakan awan? bagaimana proses terjadinya? mengapa berbentuk seperti kapas? dan sebagainya. Kebanyakan anak-anak jika menggambar awan diberi warna biru dan langitnya berwarna putih. Pada kenyataannya, justru warna awanlah yang putih (jika cuaca cerah). Ada baiknya jika pengertian benda-benda di alam mulai diperkenalkan sejak dini kepada anak-anak, meskipun dengan penjelasan yang sangat sederhana.

Awan merupakan bagian dari siklus hidrologi saat berada pada ketinggian tertentu. Awan terbentuk ketika udara hangat, mengandung kelembaban, naik ke langit. Ketika sampai di ketinggian tertentu, udara yang hangat mendingin. Dalam temperatur yang lebih dingin, udara tidak dapat menahan semua kelembaban dalam bentuk uap. Oleh karena itu, kelembaban ekstra berubah menjadi titik-titik air yang halus atau menjadi sepotong es yang kecil dan ini berubah berbentuk menjadi awan yang bisa kita lihat di langit. Bentuk awan tidak tetap, selalu berubah.

 

Perlu diketahui bahwa untuk menyusun awan yang lebarnya satu mil diperlukan sekitar satu juta kubik titik-titik air. Alasan kita mempunyai tipe awan berbeda adalah bahwa pembentukan awan terjadi di ketinggian dan temperatur yang berbeda. Awan akan terdiri dari partikel yang berbeda, tergantung dari ketinggian dan temperaturnya.

 

Sumber: “Katakan Kepadaku Apa? Pengetahuan Umum”

 

About Vienastra

Golden Boy

One response »

  1. kalo di blik jd nickname kuuu

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: