RSS Feed

JOGJA KOTA PENDIDIKAN TERKEMUKA

Posted on

Septian Vienastra, S.Si., M.Eng.
vienastra@ugm.ac.id
@vienastra

Pelopor pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara, di masa perjuangan membangun konsep pendidikan yang sampai saat ini dikenal masih relevan. Kota yang merupakan “kawah candradimuka” bagi calon pemimpin bangsa ini memang memiliki atmosfir akademik yang sangat mendukung mereka untuk berkembang, baik dalam hal akademik maupun pengembangan pribadi. Jogja juga sangat kaya dengan sumber belajar, seperti narasumber/dosen yang berkualitas, perpustakaan, laboraturium dan pusat-pusat studi yang ada. Dalam perkembangannya sebagai kota pendidikan, Jogja sulit dicari tandingannya. Jogja juga dikenal memiliki sistem dan suasana belajar yang unggul, mulai dari sekolah dasar, menengah, sampai perguruan tinggi. Semua itu terwujud atas kerja keras dan kerjasama yang sinergis antara Dewan Pendidikan, Dinas Pendidikan, Komite Rekonstruksi Pendidikan DIY, Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang pendidikan dan lembaga terkait lainnya.

Keberagaman etnis, budaya, suku dan agama, di Jogja membawa dampak positif tersendiri, dalam hal pengembangan pribadi mahasiswa. Situasi ini secara tidak langsung akan membentuk pribadi yang beretika, menghargai keberagaman, mempunyai semangat juang untuk berkompetisi yang baik dan berwawasan komunikasi yang luas. Saat ini Jogja terdapat lebih dari 264.653 mahasiswa yang belajar di 123 Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Selain itu terdapat puluhan ribu mahasiswa yang belajar di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Kedinasan. Kualitas pendidikan PTS dapat diukur dari prestasi PTS dalam hibah/bantuanpenelitian dari Depdiknas/lembaga lain. Hampir setiap tahun total dana penelitian, kerjasama dan pengabdian PTS di Jogja paling tinggi diantara kota-kota lain.

Mungkin itu salah satu sebab instansi/perusahaan tetap mengutamakan Jogja sebagai sasaran utama rekruitmen tenaga kerja. Alumni PTN dan PTS Jogja, banyak yang berasal dari berbagai daerah. Namun karena reputasi Jogja di bidang pendidikan sangat bagus, tidak jarang memberikan rekomendasi positif bagi perusahaan/instansi dalam hal perekrutan tenaga kerja. Itu berarti peluang yang lebih besar bagi alumnus Jogja.

Beberapa PTN dan PTS yang Terdapat di Jogja

Dengan predikatnya sebagai kota pendidikan dan ditambah dengan kondisi lingkungan alam yang damai, masyarakat yang ramah dan biaya hidup yang terjangkau, Jogja menjadi pilihan utama bagi calon mahasiswa untuk melanjutkan studi di kota ini. Bahkan dengan adanya pendidikan seni-budaya yang khas, tidak sedikit mahasiswa dari luar negeri yang belajar seni-budaya Indonesia di Jogja.

Visi pendidikan di Jogja adalah center of excellent, sebagai pusat unggulan dari beberapa disiplin ilmu sesuai dengan bidangnya masing-masing. Untuk itulah, semua unsur yang terkait di bidang pendidikan saling bersinergi dan berusaha keras untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang tinggi dan dapat diperhitungkan di tingkat internasional. Joja sering disebut “surga” bagi penelitian, pengembangan wawasan, intelektual dan kajian ilmiah. Banyaknya forum ilmiah seperti seminar, symposium, loka karya, teleconference dan lain-lain yang diadakan oleh perguruan tinggi/organisasi di masyarakat dengan mengundang pembicara nasional bahkan internasional sering dilakukan di kota ini. Bahan pustaka berbagai ilmu disiplin banyak tersedia di perpustakaan milik pemerintah, PTS atau pun lembaga sosial masyarakat. Toko buku, penerbit dan kios-kios buku cukup banyak terdapat di Jogja. Fasilitas penunjang pendidikan seperti warnet, toko komputer, kursus bahasa dan ketrampilan lain, bisa ditemukan di sudut kota Jogja.

Hal yang unik di kota ini dan mungkin tidak ditemui di kota lain adalah kota Jogja sangat memanjakan kebutuhan anak muda seperti: tempat-tempat makan yang bervariasi dan murah (harga mahasiswa), cafe internet, pusat kebugaran, persewaan film dan game, pusat rekreasi, radio dengan segmen anak muda, studio musik, rumah musik, club olahraga, sanggar seni dan budaya, bengkel kreatif, tempat bimbingan belajar, kelompok studi dan lain-lain.

Beberapa pernyataan di atas sudah banyak diakui oleh orang yang berasal dari luas kota Jogja, baik yang pernah mengenyam pendidikan di Jogja maupun yang hanya sebagai datang sebagai wisatawan. Orang-orang dari kota besar lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan tentunya sangat menikmati arti kehidupan jika berada di Jogja dan biasanya enggan untuk meninggalkan kota ini. Contoh paling sederhana adalah para alumnus PTN/PTS Jogja yang mencari kerja di Jogja. Tidak hanya sebagai slogan saja kenyamanan kota ini, karena Jogja memang berhati nyaman. Hal yang mungkin mengganggu penduduk asli Jogja adalah semakin tinggi tingkat polusi yang ditimbulkan karena semakin padatnya kendaraan yang ada di Jogja. Plat nomor AA, AD,  B, BE, DK, KB, KT tentunya tidak sulit ditemukan di kota ini.

Kota Jogja memang salah satu kota besar di Indonesia, namun masih mempertahankan kesederhanaan, tidak serta merta mengikuti arus modernisasi. adat/tradisi dan kebudayaan yang masih kental semakin menambah daya tarik dari kota yang juga dijuluki kota Gudeg ini. Jadi, mengapa tidak pilih Jogja?


Sumber: Direktori Perguruan Tinggi Yogyakarta 2010

About Vienastra

Golden Boy

One response »

  1. Profil yogya bgitu detil..mkasih atas tulisannya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: